Recent News

Thursday, June 21, 2018

6 cara bangkit dari kegagalan sudah teruji dan terbukti



1. Pandang Kegagalan Sebagai Jalan Menuju Sukses

Percaya atau tidak, Anda memerlukan berkali-kali kegagalan sebelum akhirnya pada suatu titik berhasil bangkit dan dapat mengantisipasi kesalahan-kesalahan yang dilakukan sebelumnya.
Yang terpenting adalah Anda terus mencoba dan terus berproses, tidak diam walaupun hasil yang diperoleh di luar ekspektasi. Jika hanya diam tanpa tindakan apa pun, justru dari situlah mulainya kegagalan permanen.

2. Ambil Pelajaran Berharga dari Kegagalan Tersebut

Setiap kali merasa gagal, pastinya wajar jika Anda bersedih. Namun, jangan terlalu lama berlarut-larut dalam kesedihan. Ingatlah poin pertama, bahwa tanpa kegagalan, Anda tidak akan menjadi sukses.
Teruslah gali penyebab-penyebab kegagalan sebelumnya, kemudian pikirkan apa yang sudah Anda pelajari dan tidak boleh terulang di masa depan, serta bagaimana cara memperbaiki kesalahan tersebut di masa depan.
Dengan merekonstruksi pengalaman-pengalaman kegagalan, berarti Anda sudah selangkah lebih maju mendekati sukses. Kegagalan di masa yang lalu juga tidak sia-sia karena telah menjadi pelajaran paling berharga sebagai motivasi diri bangkit dari kegagalan dan menggapai kesuksesan.

3. Banggalah Jika Anda Pernah Gagal

Kegagalan apa pun yang menimpa Anda, entah itu putus cinta, nilai akademis jeblok, rumah tangga berantakan, atau usaha bangkrut, berbanggalah. Mengapa? Karena orang-orang sukses dunia pun pernah gagal sebelumnya dan berusaha bangkit dari kegagalan tersebut.

4. Berpikir Jauh ke Depan

Kesuksesan adalah hal yang membutuhkan kerja keras. Diperlukan usaha keras siang dan malam, dan seseorang mungkin saja menyerah di tengah jalan.
Yang membedakannya adalah orang-orang sukses yang pernah gagal berkali-kali, berpikiran jauh ke depan. Mereka tetap optimistis dan terus bekerja.
Seperti bambu Cina yang membutuhkan waktu 5 tahun untuk menumbuhkan akarnya terlebih dahulu tanpa pertumbuhan yang terlihat di atas tanah demi mendapatkan pasok yang kuat.
Benarlah perkataan bahwa sukses adalah seperti menanam bambu. Orang tidak bisa melihatnya dalam jangka waktu dekat, namun tunggu hingga tunasnya melesat tinggi beberapa waktu kemudian.

5. Jagalah Pikiran Anda

Pikiran yang sehat akan membangkitkan gairah hidup yang positif pula. Pikiran terwujud dalam tindakan. Tindakan menjelma menjadi kebiasaan.
Berpikirlah bahwa Anda sedang dalam proses menuju kesuksesan dan bisa melakukan lebih baik esok hari. Pola pikir ini akan lebih memberikan spirit lebih dibandingkan dengan terus berpikir bahwa Anda adalah produk kegagalan.

6. Kegagalan Bukan Cerminan Anda

Mungkin Anda pernah merasakan malu karena mengalami kegagalan, seperti tak kunjung mendapatkan pekerjaan, gagal memasak sesuatu yang Anda harap dapat menggoyang lidah, atau apapun yang membuat Anda merasa rendah diri di hadapan orang lain.
Namun ingatlah bahwa kegagalan bukanlah cerminan diri Anda sebenarnya. Alih-alih, bagaimana reaksi Anda terhadap kegagalanlah yang sangat menentukan.
Pilihannya ada di tangan Anda apakah ingin bangkit atau tidak. Jika orang-orang menghakimi Anda berdasarkan kegagalan terdahulu Anda, itu sama sekali bukan masalah Anda
Share:

0 comments:

Post a Comment

Pemanfaatan Google Form Untuk Pembuatan Soal

ARTIKEL Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi Di Susun oleh : Fiqi Aulia Rahman     (188...

adsense

Recent Posts

Sosiologi Antropologi

Powered by Blogger.

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Wikipedia

Search results

Text widget

It is a long established fact that a reader will be distracted by the readable content of a page when looking at its layout. The point of using Lorem Ipsum is that it has a more-or-less normal distribution of letters, as opposed to using ‘Content here, content here’, making it look like readable English. Many desktop publishing packages and web page editors.

Contact Form



Followers

Statstik

Photos

Photos

Comment

Blogroll

Translate

Your Ads Here

Popular Posts

Fitur